This nice Blogger theme is compatible with various major web browsers. You can put a little personal info or a welcome message of your blog here. Go to "Edit HTML" tab to change this text.
RSS

Rabu, 04 Mei 2011

SENTRA PERSIAPAN


Sentra persiapan adalah pusat kegiatan bermain untuk mempersiapkan anak mengenal tulisan, huruf dan menghitung. Kegiatan ini guna membantu anak mempersiapkan diri memasuki sekolah dasar.
Persiapan Kemampuan Membaca
(VISUAL, AUDITORY & KOORDINASI
GERAKAN OTOT BICARA)
Membaca adalah aktifitas belajar yang dominan memerlukan indera visual dan juga melibatkan fungsi penginderaan lain di otak.
Kemampuan yang diperlukan untuk membaca
         Mengenal bentuk
         Mengenal perbedaan bunyi huruf
         Mengenal rangkaian (pola)
         Mengenal perbedaan intonasi

Persiapan Kemampuan Menulis
         Visual Attention/recognition: perhatian visual mengenai bentuk huruf-huruf dan mengenalnya kembali
         Motorik: gerakan motorik halus (fine motor)
         Visuo senso motorik: gerakan tangan yg dikoordinasikan oleh mata dan rasaan propioseptic
         Visuo Spasial: kemampuan menempatkan posisi tubuh dalam ruang atau posisi alat gerak terhadap tubuh
Visual auditorik memori: mengenal kembali apa yang pernah ditulis dan di dengar
Kemampuan yang diperlukan untuk membaca dan menulis
         Mengenal bentuk
         Mengenal perbedaan bunyi huruf
         Mengenal rangkaian (pola)
         Kekuatan jari-jari tangan
         Kelenturan gerakan  pergelangan tangan

Main yang mendukung keaksaraan untuk anak usia 1-2 tahun
                     Bernyanyi lagu dengan irama sederhana yang diulang-ulang disertai gerakan sederhana
         Membacakan buku yang sudah dikenal anak
         Mengajak anak bertepuk tangan mengikuti irama
         Menyebut nama anak dengan perlahan menurut suku katanya.
         Bermain dengan berbagai bentuk
         Bermain puzzle tunggal
         Melibatkan anak saat membereskan mainan yang sudah digunakannya untuk mengenalkan klasifikasi.
         Memperkuat motorik kasar anak dengan membolehkan anak berlari, dan bergerak bebas, serta melatih kekuatan motorik halusnya dengan cara memegang, meremas, menjumput, menjepit, merobek kertas, dll.
Kegiatan yang mendukung kemampuan menulis anak 2-3 tahun
         Membuat coretan pada kertas besar dengan crayon atau spidol.
         Membuat coretan dengan batang kayu di tanah atau pasir
         Melukis dengan cat jari
         Menjepit biji-bijian atau buah-buahan terbuat dari kayu dengan wadah dan penjepit.
         Mengocok air sabun dengan alat pengocok telur
         Meremas: daun, koran bekas, parutan kelapa, ublek, tanah lempung, playdough, dll.
         Mencetak playdough, tanah liat, pasir basah dengan cetakan huruf
         Kegiatan menggunting: kertas bekas dengan berbagai ketebalan, daun, atau bahan lainnya
         Gambar tahap menggunting
         Gambar tahap menggambar/melukis
         Gambar tahap meronce
         Gambar tahap menulis
Main keaksaraan untuk mendukung kemampuan membaca anak usia 4-6 tah
          Buku – buku – buku – buku
         Membolehkan anak untuk memilih buku cerita yang diminatinya
         Menuliskan nama anak, lalu anak menyusunnya dengan menggunakan kartu huruf
         Menuliskan kegiatan yang dikerjakan anak, misalnya menuliskan menu bila praktek memasak, menuliskan ceritanya.
         Mendiskusikan kata baru yang didapatkan dari buku bacaan.
         Bermain menyelesaikan kata, misalnya bo + la = bola
         Menggabungkan kartu suku kata dengan mencocokkan kata yang telah dibuat kader
         Memancing kartu huruf sesuai nama sendiri
         Mencetak huruf dengan playdough sesuai dengan namanya
         Mencari kartu yang bertuliskan nama temannya
         Membaca puisi yang memuat kata-kata yang hampir sama hurufnya, misalnya Tari senang menari, Tari juga senang berlari, dst
         Membuat cerita dari kumpulan kalimat yang diucapkan anak. 
         Menuliskan nama anak dengan mengubah huruf awal dengan huruf yang sedang diperkenalkan, misalnya mengenalkan huruf S, nama Kania jadi Sania, Tiara menjadi Siara, dst. Anak diminta untuk membaca nama dan menebak nama siapa yang dituliskan.
         Mengelompokkan nama binatang yang huruf depannya sama, misalnya katak, kura-kura, kadal, dst.
Penataan Ruang Sentra Persiapan
 Pijakan awal main sentra persiapan


Pijakan saat bermain




1 komentar: