This nice Blogger theme is compatible with various major web browsers. You can put a little personal info or a welcome message of your blog here. Go to "Edit HTML" tab to change this text.
RSS

Sunday, 3 April 2011

METODE BCCT

  1. BCCT merupakan metoda yang memfokuskan kegiatan anak di sentra-sentra, sudut-sudut atau area-area dengan membangun kemandirian anak
  2. Anak mempunyai naluri sebagai peneliti yang aktif dan kreatif, karena itu anak harus menjadi sentral dalam proses pendidikan
  3. Bcct memungkinkan anak aktif menemukan sendiri pengetahuannya melalui sentra-sentra (sejumlah kegiatan main yang mengarah pada sebuah titik pusat)
  4. Tiap sentra dikondisikan untuk mengembangkan/ membangun  5 domain perkembangan anak : afeksi, kognisi, psikomotor, bahasa dan keterampilan sosial
  5. Di setiap sentra berisi kegiatan main : sensori motor (syaraf-syaraf indra), main peran (bahasa dan interaksi sosial), dan main pembangunan
  6. Ada beberapa sentra yakni sentra : bahan alam, main peran, balok, seni dan persiapan
  7. Bcct bukan satu-satunya metoda untuk padu/paud, tetapi bcct memberikan prinsip-prinsip paud yang universal, serta saat ini merupakan metode yang sudah dipahami oleh direktorat padu/paud
FILOSOFI, yang mendasari:
          Anak-anak akan tumbuh dengan baik jika mereka dilibatkan secara alamiah dalam proses belajar.
PENDEKATAN PERKEMBANGAN, menganggap anak:
          Pembelajar aktif yang secara terus menerus mendapatkan informasi mengenai dunia lewat permainan
          Mengalami kemajuan melalui tahapan-tahapan perkembangan yang dapat diperkirakan
          Individu yang unik yang tumbuh dan berkembang dengan kecepatan yang berbeda

PRINSIP UTAMA
          KONSTRUKTIVISME
Anak membangun pemahaman mereka sendiri dengan cara mensintesa pengalaman-pengalaman baru dengan apa yang telah mereka pahami sebelumnya
          METODOLOGI YANG SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN
Semua anak berkembang melalui tahapan perkembangan yang umum, tetapi pada saat yang sama, setiap anak juga adalah makhluk individu dan unik
          PENDIDIKAN PROGRESIF
          Pendidikan merupakan proses sepanjang hidup, bukan proses yang akan berhenti dalam satu fase.