This nice Blogger theme is compatible with various major web browsers. You can put a little personal info or a welcome message of your blog here. Go to "Edit HTML" tab to change this text.
RSS

Senin, 23 Februari 2009

Lagu Anak-anak

Ikan kesayangan

Aku punya kolam ikan
ku isi ikan kesayangan
10 ekor jumlahnya
Bereng-renang di kolam

Tiba-tiba ada yang tenggelam
2 ekor ikan kesayangan
kasihan........
oo aduh kasihan..........
ikan 10 tinggal delapan

Lagu ini sangat baik untuk mengajarkan konsep pengurangan dan penambahan pada anak usia dini. Anak-anak usia dini menyukai aktifitas yang menyenangkan. Aktifitas yang menyenangkan dapat dilakukan dengan menggunakan lagu-lagu yang disukai anak, seperti lagu di atas.
Melalui lagu aspek perkembangan anak yang meliputi aspek bahasa, kognitif, fisik motorik dan seni akan berkembang, maka dari itu guru PAUD dituntut aktif dan kreatif untuk menciptkan lingkungan belajar bagi anak.


Maju, maju, maju
mundur, mundur, mundur
kanan, kiri bergantian
lompat berjongkok
berdiri, berjinjit
lari berkeliling, bergembira

Goyang-goyang, goyang
pinggulnya digoyang
ayun kaki kanan kiri
tangan ke depan
ke pundak ke atas
menari bersama bergembira 2x

Lagu di atas baik untuk mengembangan aspek fisik motorik anak.
Melalui lagu di atas anak dapat melakukan aktifitas fisik motorik, seperti gerak maju mundur, berjongkok, melompat dan sebagainya.
Aktifitas seperti di atas akan membuat anak bersemangat untuk melajar.

1 komentar:

  1. Sayangnya, dewasa ini lagu-lagu anak tidak populer dan kurang meroket. Yang menjamur justru lagu-lagu dewasa yang akrab di telinga anak-anak sekarang. Saya berharap, semoga dalam waktu mendatang, bangsa ini mampu melahirkan pencipta lagu anak-anak yang akan membuat musik anak-anak semakin bervariasi. Dan semoga publikasi lagu-anak-anak di Indonesia juga mengalami peningkatan, sehingga anak-anak mendapatkan asupan lagu-lagu yang sesuai dengan usia mereka dan mengandung nilai-nilai moral serta bersifat edukatif. Bukan lagu-lagu dewasa yang berisi percintaaan dan kurang pantas untuk mereka.

    BalasHapus